4.15.2010

TAMPIL BERKESAN SAAT WAWANCARA KERJA

Sumber: KOMPAS KLASIKA

Wawancara adalah tahap yang jamak dilakukan dalam proses perekrutan karyawan. Tahap ini dibuat untuk lebih mengenal pribadi si pelamar serta mencari informasi yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. Oleh karena itu, si pencari kerja harus mempersiapkan dirinya sebaik mungkin. Untuk itu ada beberapa kiat yang dapat diterapkan.

Sebelum hari wawancara tiba, ada baiknya Anda melakukan riset kecil untuk mengetahui profil perusahaan yang dilamar dan untuk mendapatkan deskripsi pekerjaannya.

Datang tepat waktu menjadi hal yang tidak bisa dianggap sepele. Usahakan untuk datang 15 menit lebih awal. Tujuannya, supaya Anda dapat memiliki waktu untuk relaks dan mengisi formulir aplikasi data diri dengan tidak tergesa-tergesa. Jangan lupa untuk tampil dengan mengenakan busana yang rapi dan bergaya demi mendukung penampilan yang baik.

Tiba saat dipanggil dan masuk ke ruangan wawancara, Anda dapat menyapa kemudian berinisiatif untuk menjabat tangan si pewawancara terlebih dahulu, sekaligus mengenalkan nama Anda dengan suara yang jelas. Kemudian selama proses wawancara berlangsung, tetaplah bersikap sopan, memberikan senyum, dan berusaha untuk relaks.

Saat si pewawancara memberikan penjelasan, dengarkan dengan seksama, dan mulailah untuk menjawab pertanyaannya secara ringkas dan terarah. Biasanya sebagai ice breaker si pewawancara akan memulai dengan bertanya ”Tolong ceritakan tentang diri Anda” dalam waktu sekitar 5 – 10 menit. Ini adalah kesempatan Anda untuk mempromosikan diri, dengan berpijak dengan pengalaman Anda. Masukan pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan sebagai info penting untuk pihak pewawancara.

Jawablah setiap pertanyaan dengan antusias dan tetap fokus, tidak terburu-buru. Coba berikan contoh atau ilustrasi nyata tentang kemampuan Anda yang disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

Umumnya Anda juga dapat diberikan kesempatan bertanya oleh si pewawancara, maka manfaatkan sesi ini untuk bertanya apa yang Anda perlu ketahui tentang pekerjaan yang dilamar, ataupun juga tentang proses perekrutan selanjutnya.

Selesai wawancara, Anda dapat menyalami kembali pewawancara dengan sopan dan mengucapkan terima kasih atas waktunya. Dalam waktu 2 – 3 hari, Anda pun dapat mengirimkan thank you note kepada pihak yang mewawancarai, untuk memberikan apresiasi dan minat untuk bergabung ke dalam perusahaan tersebut.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 istanaIDE. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator