sumber: Artikelkarir.com
Debra Shigley, penulis
The Go-Getter Girl’s Guide, mengatakan, “Membuktikan bahwa Anda orang yang
paling dibutuhkan, adalah jaminan pekerjaan terbaik yang Anda dapatkan.”
Menunjukan pada atasan bahwa anda dapat diandalkan mungkin akan berpengaruh
pada beban kerja anda; anda harus bekerja lebih larut, atau menerima
proyek-proyek baru yang melebihi kapsitas anda.
Perlu bagi anda
melakukan perubahan sikap yang dapat membantu anda menjadi pekerja uang
efektif, dan bukannya pekerja yang selalu stres dan kelelahan. Lima kebiasaan
kerja ini dapat membantu mendorong produktivitas Anda.
1. Kenali kapan jam produktif Anda
Apakah Anda orang yang langsung bekerja begitu
tiba di kantor, atau apakah Anda baru “panas” setelah makan siang? Tenang,
tidak ada yang salah dengan hal ini. “Memberi perhatian tentang waktu dimana
Anda merasa paling produktif dapat membantu Anda mengelola jadwal dengan lebih
baik,” kata Shigley. Gunakan periode paling produktif tersebut untuk berfokus
pada tugas-tugas yang paling sulit. Sedangkan pada jam-jam dimana Anda merasa
tidak begitu antusias, lakukan filing, membalas email, atau tugas-tugas lain
yang tidak begitu membuat Anda harus berpikir.
2. Minimalkan interupsi
Apakah Anda termasuk orang yang selalu
dibutuhkan saat atasan membutuhkan report? Atau Anda selalu sibuk dengan
telepon masuk yang tak henti-hentinya? “Setiap orang pasti menghadapi interupsi
yang dapat mengurangi produktivitas kerja.: ujar Shigley. Diskusikan hal ini
dengan rekan kerja lainnya, dan carilah cara untuk menimalkan gangguan semacam
itu. Misalnya, hanya melayani permintaan report hingga pukul 10.00. permintaan
yang melewati jan tersebut, hanya akan Anda layani esok hari. Memang tidak akan
selalu berhasil, namun setidaknya Anda sudah berusaha, Anda akan berkonsentrasi
pada pekerjaan utama Anda, dan menyelesaikan pada waktunya.
3. Ambil waktu untuk mengelola pekerjaan
Beberapa menit yang digunakan untuk meng-update
email terbaru dan mengelompokkan dokumen sesuai kategorinya, akan menghemat
waktu Anda jika lain waktu Anda diharapkan untuk mencari email atau dokumen
tertentu. Entah itu dengan menyimpan sebuah folder berdasarkan warna, atau
to-do list yang sederhana, sistem pengolahan kerja yang Anda buat ini akan
memudahkan pekerjaan Anda, dan dengan sendirinya akan membantu mengusir stres.
4. Berpikir ke depan
Shigley menyarankan untuk selalu waspada dengan
proyek-proyek yang akan mengalir dalam beberapa waktu mendatang. Meskipun
proyek tersebut masih akan berlangsung beberapa bulan lagi, ambil waktu
senggang sedikit apa pun untuk melakukan persiapan. Gunakan, untuk menghindari
kepadatan waktu pada hari H-nya. Sekaligus, untuk memberi kesan yang baik mengenai
inisiatif Anda,
5. Temukan seorang “sekutu”
Anda mungkin telah bekerja begitu keras, namun
tidak ada gunanya bila tidak ada orang yang memperhatikan upaya Anda. “Sekutu
dikantor tidak harus atasan Anda, tetapi juga bias rekan kerja yang mempunyai
tugas membuat report atau penilain tentang Anda kepada atasan,” papar Shigley.
Memiliki seseorang yang berpihak pada Anda, dimana Anda dapat membicarakan
hasil kerja atau pencapaian Anda kepada atasan, adalah langkah cerdas yang akan
meningkatkan prestasi Anda.
Oleh: Debra Shigley,
penulis The Go-Getter Girl’s Guide
0 comments:
Post a Comment