3.16.2010

rumahILMU

rumahILMU, betul... seperti yang anda bayangkan, ini adalah rumah dimana ilmu bisa digali. Ide ini sebenarnya adalah ide paling baru yang sedang saya pikirkan, meskipun sebenarnya bukan yang benar-benar baru karena pernah juga sudah saya laksanakan. Awalnya saya akan memberinya nama rumah baca tapi karena sudah pernah saya wujudkan maka terpikirkan nama lain yaitu rumahILMU. Nama ini saya pilih bukan hanya karena memang sudah ada dan dalam pengabdian saya juga sudah saya gunakan juga karena tujuannya ingin lebih dari sekedar perpustakaan. Dalam benak saya ini dijadikan juga sebagai pusat kegiatan keilmuan, seperti diskusi, menulis, menonton film, dan kegiatan-kegiatan kreatif lainnya.
Bila rumahBACA saya wujudkan dengan menggandeng teman-teman di PT PLN (Persero) Sektor Pembangkitan Bengkulu melalui wadah Hydro Turbine Study Club, maka rumahILMU ini ingin saya wujudkan di desa dimana saya dilahirkan dan dibesarkan. Seperti yang pernah saya tuliskan dalam blog saya yang lain dengan judul Virus Baca, kondisi di desa kelahiran saya itu  budaya membaca tidaklah besar, maka dari itu dengan rumahILMU ini saya akan menyebarkan virus baca disana. Memang diawali dengan mendirikan sebuah perpustakaan.

Perpustakaan ini nantinya digratiskan dengan melakukan pengelolaan secara keaonggotaan, yaitu siapapun boleh meminjam asalkan menjadi anggota terlebih dahulu dan mempunyai kartu anggota. Untuk mendaftarnyapun gratis, hanya saja akan disediakan sebuah kotak amal untuk siapa saja yang sudi memberikan bantuan guna menambah koleksi bukunya.

Dulu sempat terpikir untuk membuka penyewaan buku atau komik disana, namun seiring berjalannya waktu dalam hati saya bertanya "mengapa tidak digratiskan saja, toh tidak ada ruginya, hitung-hitung sebagai pengabdian terhadap masyarakat dan desa kelahiran". Ya.. akhirnya munculllah ide ini.

Mungkin sekarang ide ini masih belum bisa saya wujudkan, selain karena saya masih menajalani tugas jauh dari desa kelahiran juga belum mempunyai cukup modal. Saat ini yang bisa saya lakukan adalah sedikit demi sedikit mengumpulkan buku untuk mengisi ra-rak buku di rumahILMU, juga mengumpulkan film-film bagus terutama yang berhubungan dengan motivasi. Dengan ijin Allah SWT semoga cita-cita saya ini bisa terwujud amin...

Ide ini dengan sengaja saya sharing di blog ini karena saya beranggapan, mungkin diantara para pembaca semua bisa mewujudkannya terlebih dahulu di daerah masing-masing. Karena dengan begitu virus baca bisa menyebar dimana saja di seluruh Indonesia.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright 2009 istanaIDE. Powered by Blogger
Blogger Templates created by Deluxe Templates
Wordpress by Wpthemescreator